KOMUNIKASI

Setiap hari kita melakukan kegiatan dengan melibatkan komunikasi. Tapi apa kita benar-benar mengerti maksud atau arti dari komunikasi itu sendiri? Kali ini kita akan membahas apa arti sebenarnya dari komunikasi itu.

Berdasarkan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)komunikasi itu memiliki arti:

komunikasi/ko·mu·ni·ka·si/ n 1 pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami; hubungan; kontak; 2 perhubungan;

Komunikasi terbagi menjadi 2 jenis yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non verbal, komunikasi verbal adalah penyampaian pesan atau informasi melalui bahasa atau lisan kepada orang lain, sedangkan komunikasi nonverbal adalah penyampaian pesan atau informasi melalui isyarat atau ekspresi tubuh.

1459055735_3480b4050e_z

Pengertian Komunikasi dari para ahli:

  1. Lasswell: Komunikasi adalah proses yang menggambarkan siapa mengatakan apa dengan cara apa, kepada siapa dengan efek apa.
  2. Carl I. Hovland: Komunikasi adalah proses dimana seseorang individu atau komunikator mengoperkan stimulan biasanya dengan lambang-lambang bahasa (verbal maupun non verbal) untuk mengubah tingkah laku orang lain.
  3. Charles H. Cooley: Komunikasi berarti suatu mekanisme hubungan antar manusia dilakukan dengan mengartikan simbol secara lisan dan membacanya melalui ruang dan menyimpan dalam waktu.
  4. Edwin Emery: Komunikasi adalah seni menyampaikan informasi, ide dan sikap seseorang kepada orang lain.
  5. Delton E, Mc Farland : Komunikasi adalah suatu proses interaksi yang mempunyai arti antara sesama manusia.

Menurut saya komunikasi itu sangat penting, karena tidak ada kegiatan yang tidak menggunakan komunikasi. Walaupun tidak semua komunikasi yang kita lakukan sehari-hari itu terjadi secara efektif. Oleh karena itu komunikasi menjadi satu hal yang sangat fundamental dalam kehidupan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *