MARKETING COMMUNICATION

Marketing dan Komunikasi adalah hal terpenting dalam suatu perusahaan karena dengan adanya komunikasi yang baik, maka semua prosedur pekerjaan akan terselesaikan dengan baik termasuk proses Marketing dalam perusahaan tersebut.

Pengertian Marketing berikutnya dikutip dari William J. Stanton dalam bukuĀ Fundamentals of Marketing. Marketing yaitu :

Marketing is a system: of business activities

Designed to: plan, price, promote, and distribute

Something of value: want satisfying goods and services

To benefit of: the market present and potential household consumers or industrial user.

Pendapat tersebut menjelaskan bahwa pemasaran adalah sebuah sistem: dari aktivitas bisnis; desain untuk: rencana, harga, promosi dan distribusi; sesuatu dari nilai kepuasan produk-produk dan pelayanan; keuntungan untuk penawaran pasaran dan memegang potensi konsumen atau pemegang industri.

Marketing memegang peranan penting dalam perusahaan, karena setiap kegiatanĀ Marketing berorientasi terhadap keuntungan perusahaan secara materi. Berikut ini adalah tugas-tugas marketing yang dikemukakan oleh Philip Kotler yang dikutip dari bukunya yang berjudul Manajemen Pemasaran :

  1. Menganalisis mengapa pasar tidak menyukai produk tertentu dan apakah sebuah program pemasaran yang terdiri dari rancangan ulang produk, harga yang lebih rendah dan promosi yang lebih positif dapat mengubah keyakinan dan sikap.
  2. Mencari cara-cara untuk menghubungkan manfaat produk dengan kebutuhan dasar dan minat orang.
  3. Mengukur ukuran pasar potensial dan mengembangkan barang dan jasa yang memuaskan permintaan tersebut secara efektif.
  4. Mengembalikan permintaan yang merosot melalui pemasaran ulang yang kreatif.
  5. Menemukan jalan untuk mengganti pola permintaan melalui penetapan harga yang lentur, promosi dan insentif-insentif lain.
  6. Mempertahankan tingkat permintaan guna menghadapi berubahnya pilihan konsumen dan meningkatnya persaingan.
  7. Menuntut penemuan cara untuk mengurangi permintaan secara sementara atau secara tetap.
  8. Meminta orang yang menyukai sesuatu supaya mau menghentikan permintaan, dengan menggunakan alat-alat kenaikan harga dan pengurangan ketersediaan. (2000:7-8)

MARCOMM